Selasa, 10 Oktober 2017

Waktu Yang Tepat Melaksanakan Sholat Hajat Insyaallah Doamu Dikabulkan


Terkadang hidup tak selalu mudah seperti angan, tapi jarang kita batin bahwa bisa bernafas saja sudah alhamdulillah, apalagi dapat melewati masalah sulit lainnya. Pernah hati merasa diacuhkan, meminta tapi seakan ditolak. Sobat Moslem, apa keinginanmu? Harapan apa yang ingin kau sampaikan? Ketahuilah Allah maha kaya lagi maha pengasih. Selain berharap dan berusaha, iringilah dengan do’a. Shalat Hajat adalah ibadah yang tepat untuk Kamu yang memiliki keinginan kuat untuk menggapai sesuatu.


Sudah pasti bahwa manfaat sholat hajat sebagai sarana permohonan atau doa yang dapat kita lakukan ketika kita memiliki keinginan atau hajat agar lekas terkabul. Tidak ada masalah yang jauh dari jalan keluar, sholat hajat juga merupakan cara yang paling tepat dalam mengadukan permasalahan yang sedang dihadapi seorang muslim. Sholat sunnah ini merupakan salah satu jenis sholat yang disyariatkan dalam islam. Nah, saat melaksanakan sholat hajat ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, seperti:
Waktu tepat melaksanakan sholat hajat. Sebenarnya, sholat hajat dapat dilakukan kapan saja saat ada kesempatan, kamu bisa mengerjakan sholat ini di siang hari atau malam hari. Namun, ternyata ada waktu yang lebih baik untuk melaksanakan sholat ini, pada waktu sepertiga malam terakhir yaitu sekitar jam 01:00 sampai waktu subuh tiba 05:00. Karena seperti yang kita ketahui waktu sepertiga malam terakhir adalah waktu yanng mustajab ketika kita memanjatkan doa. Karena pada saat itu, Allah turun dari Arsy-NYA (SinggasanaNYA) ke langit bumi yang paling bawah, tepat di atas kepala kita.

  1. Jam yang dilarang pada waktu sholat hajat. Memang benar, sholat hajat dapat dilakukan kapan saja. meskipun demikian kita tetap harus memperhatikan hukum lainnya dalam melaksakan sholat. Salah satunya adalah memperhatikan waktu-waktunya;Waktu syuruq, waktu dimana matahari mulai tampak terbit hingga setinggi tombak. Waktu ini dimaksudkan adalah waktu setelah subuh ketika matahari berwarna merah. Tidak hanya shalat hajat, dalam waktu syuruq ini tidak diperbolehkan untuk shalat apapun.
  2. Waktu Zhahirah, waktu saat matahari tepat berada di tengah langit, waktu ini berlangsung beberapa saat sebelum waktu sholat dzuhur tiba.
  3. Waktu matahari akan mulai terbenam hingga terbenam seluruhnya atau sebelum sholat magrib tiba.

Semua itu tertulis dalam Hadist yang Sahih : 
“Nabi Muhammad SAW melarang Kami Shalat dan mengebumikan mayat pada 3 waktu: Waktu terbit matahari, karena matahari terbit antara dua tanduk syaitan, dan org kafir sujud kepada matahari waktu itu. Waktu tengah hari, ketika itu api neraka begelegak. Waktu terbenam matahari, ia terbenam antara dua tanduk syaitan, dan orang kafir sujud kepadanya waktu itu.” (HR Muslim no 832).

Jadikan sholat hajatmu menjadi sholat hajat yang mustajab. Seperti yang di sunnahkan, agar kita dapat melaksanakan sholat sunnah ini sebanyak 3 malam atau sampai 7 malam berturut-turut. Namun, hal ini tergantung pada penting tidaknya hajat yang kita kehendaki. Dalam pelaksanaan sholat hajat kita dapat melaksanakannya sebanyak 2 rakaat.
Nah, sudah paham tentang ketentuan sholat hajat bukan. Sangat mudah melakukannya, terlebih lagi jika mengingat keutamaan dalam melaksanakan sholat hajat yang sangat luar biasa. Semoga kita kelak selalu mendapatkan kebaikan dari Allah SWT. Aamiin.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar