Senin, 04 September 2017

FUNGSI PORT PADA KOMPUTER BERGAMBAR

1. Power Supply

Fungsi port komputer yang satu ini adalah sebagai sumber listrik. Kabel dari port ini biasanya dihubungkan ke stabilizer, dan stabilizer tersebut terhubung langsung ke colokan listrik.
Di dekat port power supply biasanya juga terdapat port yang hampir mirip bentuknya. Port ini berfungsi sebagai sumber listrik untuk monitor. Jika tidak ada port untuk monitor, berarti monitor harus langsung dihubungkan dengan colokan listrik.  

Info: Mengapa harus menggunakan stabilizer?
Sesuai namanya, stabilizer digunakan untuk menyetabilkan arus listrik yang masuk ke suatu peralatan. Ada kalanya tegangan listrik turun-naik. Jika langsung terhubung ke peralatan listrik, peralatan tersebut akan cepat rusak.

2. PS/2 Port

Keyboard dan mouse dihubungkan melalui port ini. Namun demikian akhir-akhir ini makin banyak keyboard dan mouse usb. Keyboard dan mouse jenis ini tidak lagi memerlukan PS/2 Port, namun USB Port. Jika Anda memiliki keyboard atau mouse dengan ujung kabel bundar, seperti gambar di bawah,maka hubungkan saja ke PS/2 Port.



3. Serial Port

Penjelasan teknisnya, port ini berfungsi untuk mengirimkan satu bit per satuan waktu. Port ini sering disebut dengan nama COM. Konektor yang digunakan adalah RS-232C dengan 9 atau 25 pin.
Contoh penggunaan port ini adalah untuk menghubungkan piranti seperti printer, card reader, modem, pembaca kartu magnetik, dan pembaca barcode. Namun demikian akhir-akhir ini piranti yang saya sebutkan di atas lebih banyak menggunakan USB Port.


4. Parallel Port

Fungsi port komputer satu ini adalah untuk menghubungkan printer parallel dan zip drive. Konektor yang digunakan adalah DB-25 yang terdiri dari 25 pin. Lagi-lagi, port komputer ini juga termasuk jarang digunakan.


5. VGA Port

Port ini berfungsi untuk menghubungkan monitor komputer. Jika monitor tidak memunculkan gambar dengan baik, pastikan port ini benar-benar terhubung dengan baik ke monitor.
Selain untuk monitor, port VGA ini juga bisa digunakan untuk menghubungkan komputer ke proyektor.


6. USB Port

Saya rasa Anda pasti sudah cukup kenal dengan port komputer ini. Akhir-akhir ini hampir semua piranti bisa dihubungkan ke komputer dengan USB port. Cukup lihat kabel penghubung piranti Anda. Jika bentuknya cocok dengan USB port, maka hubungkan saja ke USB port. Contoh piranti yang mendukung USB port adalah printer, hard drive eksternal, card reader, mouse, keyboard, modem, dll.

7. RJ45 NIC

Port ini digunakan untuk menghubungkan komputer ke suatu jaringan (biasanya LAN [Local Area Network]. Misalnya seperti di warnet atau sekolahan. Tiap komputer terhubung melalui port ini.
Selain untuk jaringan komputer, ada kalanya suatu provider internet menyediakan modem yang harus dihubungkan ke port ini. Misalnya saja modem dari Speedy.



8. Audio Jacks

Port ini berbentuk bulat dan 3 berjejer. Fungsi port komputer yang satu ini adalah untuk menghubungkan piranti audio ke komputer. Contohnya adalah speaker, headset, microphone.




9. 56K Modem Port

Port ini digunakan untuk menghubungkan modem 56K. Untuk akhir-akhir ini, port ini juga sudah jarang dipakai. Modem yang tersedia di pasar biasanya menggunakan port USB.
Selain mengetahui fungsi port komputer, ada baiknya Anda juga mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan spesifikasi komputer agar Anda dapat memilih piranti-piranti pendukung yang tepat guna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar